Seorang Pelajar "Jati Diri Penggerak Wawasan"





Tugas krima "jati diri penggerak wawasan"


Ilmu adalah suatu bagian dari kehidupan yang sangat penting, bukan hanya untuk orang – orang yang mampu atau berekonomi tinggi, namun bagi setiap orang walaupun keadaan ekonomi orang tersebut tergolong rendah. Tiada hari tanpa menuntut ilmu, baik bagi seorang pelajar, guru, dosen bahkan profesor sekalipun masih sangat butuh dengan suatu hal yang disebut ilmu.

Segala profesi baik itu guru sekalipun butuh banyak ilmu untuk menyalurkan pengetahuannya kepada pelajar atau murid – muridnya. Pelajar merupakan bagian dari terjadinya proses pengembangan ilmu, karena dengan adanya seorang pelajar, proses penyebaran pengetahuan sangat luas. Selain pelajar menuntut ilmu, pelajar juga harus mampu menyalurkan ilmunya kepada setiap orang yang membutuhkan seperti halnya bagi kaum yang berekonomi kurang, mengapa bisa dikatakan begitu?

Seorang pelajar selain menuntut ilmu, mereka juga harus mampu memberikan serta menyalurkan pengetahuanya yang didapat kepada orang sekitar yang masih berwawasan minim, sehingga pelajar dapat berperan penting bagi masyarakat dalam proses pengembangan pengetahuan selain guru secara tidak langsung.

       pelajar merupakan orang yang akan melanjutkan perjuangan-perjuangan pahlawan di masa lampau demi memperteguh kemerdekaan dan kesatuan bangsa ini, serta demi majunya ilmu pengetahuan bangsa Indonesia. sosok yang seharusnya mampu melindungi jati diri asli Indonesia seperti adat istiadat dan rasa Bhineka Tunggal Ika.

Kita telah banyak melihat perilaku pelajar yang tidak pantas, seperti halnya saling tawuran, demo dan tindakan tindakan yang bersifat tidak penting sehingga menimbulkan dampak kerusakan. Ini mencerminkan bagaimana minimnya pengetahuan moral seorang pelajar, seharusnya selain pelajar dididik secara akademis, mereka juga harus dibekali moralitas agar mereka manjadi seseoarang yang dapat membanggakan bangsanya dan dapat menolong orang sekitar dalam penyebaran ilmu pengetahuan.

Pelajar sekarang malah lebih suka melihat film atau video yang kurang bermanfaat serta yang tidak pantas untuk di lihat. seperti drama drama film luar yang menurut saya sangat kurang manfaatnya. daripada melihat sesuatu yang kurang bermanfaat coba kita lihat perkembangan adat dan budaya Indonesia yang sangat kritis dan hampir tak dipandang lagi. jika budaya kita sampai diambil orang lain maka siapa yang salah? karena kita tidak pernah memperhatikan budaya kita sendiri sehingga kita tidak mengetahui jika budaya kita telah diambil orang lain.

     Bangsa kita telah merdeka 68 tahun, tetapi bangsa ini masih dijajah dengan adanya perusahan perusahaan asing yang telah menyebar luas di seluruh tanah air, bahkan penjajahan yang terlalu mencolok yaitu dengan mengaku budaya Indonesia adalah budaya milik negara mereka.


       jika seorang pelajar mampu dan berpendirian teguh sebagai generasi penerus bangsa dan selalu ingat jati diri sebenarnya mereka maka bangsa kita tidak akan lemah dan mudah untuk dipecah belah. Kemerdekaan yang susah payah direbut oleh para pahlawan masa lampau harus kita pertahankan dan jangan sampai terjajah oleh bangsa lain lagi.


         Sebagai pelajar yang teguh, kita harus mengikuti perkembangan dan bila perlu kita ikut berjuang untuk memperkenalkan adat istiadat budaya Indonesia, seiring dengan kemajuan teknologi dan kebebasan untuk akses Informasi, kita juga harus berhati hati agar budaya kita tak mudah diambil oleh bangsa lain.


salah satu sikap pelajar yang harus diperbaiki mulai dini yaitu perilaku kasar yang tidak bermoral, agar pelajar menjadi orang yang lebih baik sehingga mampu untuk dipandang oleh jutaan kaum dalam negeri dan menjadi sosok pahlawan dalam penyebaran informasi dan pengetahuan ke seluruh dunia tentang budaya asli Indonesia yang hampir punah kini.



Sekian artikel dari saya yang bertema “jati diri penggerak wawasan”, semoga dapat mengetuk hati kalian untuk menjadi orang yang lebih bermanfaat bagi orang sekitar. Jika ada tutur kata yang tidak pantas, saya mohon maaf. Terimakasih telah berkunjung dan membaca, apabila ada kritikan silahkan tinggalkan di kolum komentar. Saya Bahtyar biasa dipanggil bimbim, wassalam..

bahtyar

135150201111107
N - Teknik Informatika UB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar